5 Misteri Gunung Lawu yang Bikin Merinding

Setiap gunung di Indonesia dipercaya memiliki penunggu Benar atau tidak, namun adanya kejadian-kejadian di luar nalar yang terjadi di gunung membuat masyarakat semakin percaya dengan hal-hal mistis.

Gunung lawu termasuk gunung yang dipercaya oleh masyarakat memiliki misteri yang belum terpecahkan. Gunung yang terletak di antara Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan ini sering terjadi hal-hal mistis yang dialami oleh para pendaki. Berikut ini telah kami rangkum beberapa misteri Gunung Lawu yang bisa bikin kamu merinding

1. Gunung yang memiliki Nyawa

Konon Gunung ini dipercaya memiliki nyawa. Setiap perkataan yang terlontar dari lisan pendaki terdengar. Jika ada perkataan kasar atau bahkan tak senonoh, ada saja kejadian yang tak terduga untuk orang tersebut. Maka sudah sejatinya sebagai pendaki yang menjadi tamu untuk tetap menghargai dan menjaga sopan santun

Tiap pendaki juga diwajibkan tetap melestarikan alam dengan tidak merusak dan meninggalkan sampah di tempat berkemah.

2. Burung Jelmaan Kyai Jalak

Masyarakat di dekat Gunung Lawu maupun para pendaki percaya dengan adanya sosok Kyai Jalak. Burung ini akan menampakkan diri apabila pendaki Gunung Lawu berakhlak baik.

3. Pasar Setan

Sama dengan dengan Gunung Arjuno di Jawa Timur. Gunung Lawu juga memiliki  misteri pasar setan. Jangan heran kalau terdengar suara-suara layaknya di pasar saat berada di Gunung Lawu, terutama jika lewat jalur Cetho.

Biasanya sebelum melakukan perjalanan, para pendaki mendapat wejangan dari juru kunci. Salah satunya tidak menerima tawaran atau barang yang dijual di lereng gunung.

Konon yang menjual itu bukan seorang manusia.  Namun penghuni Gunung Lawu yang berada di pasar setan tersebut.

4. Larangan Menggunakan Baju hijau

Konon jika pendaki mengenakan baju hijau Ratu Pantai Selatan akan menculiknya. Meski jarak Gunung Lawu dan Pantai Selatan  berjauhan, tapi masyarakat setempat mempercayai misteri ini. Menggunakan baju hijau disebut menghina penghuni gunung.

5.Jumlah Pendaki Jangan Ganjil

Misteri Gunung Lawu yang terakhir adalah jumlah pendaki tidak boleh ganjil saat kesana

Konon jika jumlah pendaki ganjil ada yang menggenapkan dari makhluk lain. Aturan yang mengharuskan jumlah genap memang tidak tertulis, namun acap kali menjadi suatu keharusan bagi mereka yang akan melakukan pendakian.

Nah. Itulah beberapa misteri gunung Lawu yang wajib kamu ketahui. Menjaga sopan santun sangat diperlukan saat mendaki gunung. Bukan di Gunung Lawu saja, ditempat-tempat lain kita juga harus sopan dan taat dengan peraturan dan etika yang ada?

Comments

Post a Comment